Menuju Pertandingan Kedua Menghadapi PERSIJA, Kemenangan Menjadi Kesempatan Untuk Bangkitnya Laskar Sambernyawa

Laskar Sambernyawa akan berhadapan dengan tuan rumah PERSIJA dalam laga lanjutan pekan ke-2 Liga 1 2022/2023. Pertandingan antara PERSIS menghadapi klub ibukota tersebut akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga pada Minggu (31/7) sore hari. Kedua tim sama-sama mengincar poin penuh setelah pada laga perdana kemarin belum berhasil mengantongi satu poin pun. Menjelang laga esok hari, Jacksen mengaku anak asuhnya akan siap untuk bermain tanpa beban setelah hasil yang diterima pada laga perdana. Tentu aspek teknis, taktikal dan psikologis pemain menjadi fokus yang diberikan oleh Jacksen.


Oleh Tim Media PERSIS

30 Jul 2022


Article Match (Web) VS PERSIJA.JPEG+1659184424707

Jacksen dan Taufiq menghadiri jumpa pewarta menjelang pertandingan melawan PERSIJA. (Dok: Tim Media PERSIS)

Laskar Sambernyawa akan berhadapan dengan tuan rumah PERSIJA dalam laga lanjutan pekan ke-2 Liga 1 2022/2023. Pertandingan antara PERSIS menghadapi klub ibukota tersebut akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga pada Minggu (31/7) sore hari. Kedua tim sama-sama mengincar poin penuh setelah pada laga perdana kemarin belum berhasil mengantongi satu poin pun.


Menjelang laga esok hari, Jacksen mengaku anak asuhnya akan siap untuk bermain tanpa beban setelah hasil yang diterima pada laga perdana. Tentu aspek teknis, taktikal dan psikologis pemain menjadi fokus yang diberikan oleh Jacksen.


“Persiapan dari aspek taktikal dan mental sudah kita lakukan beberapa diskusi kepada pemain secara langsung di lapangan saat latihan. Tujuannya agar dapat membuat atmosfer sebuah tim untuk bermain tanpa beban. Saya berbicara panjang lebar kepada para pemain untuk menghadapi pertandingan besok. Kita juga menyentuh aspek psikologis setelah kekalahan pada pertandingan lalu (kontra Dewa United). Pertandingan besok adalah kesempatan yang baik untuk bangkit di kompetisi ini.”


Tidak hanya ingin memberikan pandangan dari dirinya saja, namun Jacksen juga akan mengupayakan untuk mendengar keluh kesah yang dirasakan oleh pemain. Pertemuan bersama tim pelatih, manajemen dan para pemain sudah direncanakan agar dapat memecahkan permasalahan yang ada, “masing-masing individu tentu mempunyai reaksi yang berbeda untuk menghadapi tekanan. Malam ini kita akan melakukan pertemuan bersama manajemen agar tiap pemain dapat memberikan sepatah dua patah kata. Sehingga jika ada persoalan, kita bisa memecahkan hal tersebut,” terangnya.


Evaluasi juga sudah dilakukan setelah laga perdana dan menjelang pertandingan besok akan menjadi tanggung jawab yang harus dijalani oleh Jacksen. Ia akan dengan sangat siap untuk mendapatkan poin pada pertandingan besok sebagai kesempatan tim untuk bangkit.


“Gagal atau sukses tentunya kita pasti akan mendapatkan tekanan, kita tidak bisa mengontrol hal tersebut. Saya hanya bisa fokus terhadap hal-hal yang bisa saya kontrol, salah satunya ialah membuat tim ini menjadi lebih baik. Tekanan tersebut akan menjadi tanggungjawab bagi saya. Kita semua pasti kecewa, kita pasti ingin melakukan semuanya dengan nyaman. Kita harus dapat poin pada pertandingan besok, berapapun poin yang diraih akan ditentukan dari jalannya pertandingan.”


Tidak hanya dari tim pelatih, Taufiq Febriyanto sebagai perwakilan pemain juga menuturkan bahwa ia sangat siap untuk menghadapi PERSIJA yang dipenuhi dengan pemain bintang dan dicalonkan menjadi juara Liga 1. Namun menurutnya PERSIS juga telah menyiapkan persiapan matang dalam menjalani laga kedua, “kita semua tahu PERSIJA memiliki pemain yang bertabur bintang, namun kita juga melakukan persiapan yang baik menjelang laga. Semoga kita dapat bermain dengan baik dan hasil yang baik pula berpihak kepada kita,” tutupnya.


PERSIS Solo