PERSIS Gagal Raih Kemenangan Pada Laga Akhir Piala Presiden 2022

PERSIS memainkan laga lanjutan fase grup turnamen pramusim Piala Presiden 2022 menghadapi PERSITA Tangerang di Stadion Manahan pada Senin (27/6) malam. Armada Laskar Sambernyawa menutup perjuangan pada ajang pramusim kali dengan kekalahan setelah PERSITA unggul dengan hasil akhir 1-0 melalui gol Ellisa Basna di menit 45.


Oleh Tim Media PERSIS

28 Jun 2022


Berita AM vs Persita (Web).jpg+1656387864151

Chrystna Bhagascara pada pertandingan melawan PERSITA. (Dok: Tim Media PERSIS)

PERSIS memainkan laga lanjutan fase grup turnamen pramusim Piala Presiden 2022 menghadapi PERSITA Tangerang di Stadion Manahan pada Senin (27/6) malam. Armada Laskar Sambernyawa menutup perjuangan pada ajang pramusim kali dengan kekalahan setelah PERSITA unggul dengan hasil akhir 1-0 melalui gol yang dicetak oleh Ellisa Basna di menit 45.


Laga dimulai dengan PERSIS memainkan dua pemain asingnya dari awal laga yang berposisi di sektor lini serang, Messidoro dan Artigas. Messidoro yang dipercaya untuk bermain dari menit awal membuka kesempatan melalui tendangan bebas di menit 10, namun eksekusinya melebar di sisi kanan jala lawan. Melalui skema yang hampir sama, PERSITA melakukan balasan dengan tendangan bebas serupa dari sisi kanan yang dieksekusi oleh Vidal pada menit 17. Tendangan bebas tersebut melebar menuju tiang jauh gawang PERSIS yang dijaga oleh Riyandi.


Kebuntuan pertandingan pecah di akhir babak pertama setelah Ellisa Basna berhasil mengelabui pemain belakang PERSIS pada menit 45. Lepas dari penjagaan, tendangan Ellisa Basna yang menuju sudut kanan gawang tidak dapat dihalau oleh Riyandi dan memberikan keunggulan 1-0 bagi PERSITA yang bertahan hingga babak pertama usai.


Paruh kedua dimulai dengan PERSIS mendapatkan kesempatan melalui titik putih di menit 52. Bermula dari penetrasi Messidoro dari sisi tengah yang kemudian dilebarkan menuju Samsul di sektor kiri pertahanan PERSITA. Samsul berupaya untuk memberikan umpan lambung menuju menuju kotak penalti mendapatkan haluan dari pemain belakang PERSITA, kemudian bola menyentuh tangan pemain bertahan PERSITA di area terlarang dan hadiah penalti untuk PERSIS. Eksekusi penalti diambil langsung oleh Samsul dengan mengarahkan bola menuju tengah gawang, namun kesempatan tersebut berhasil diselamatkan oleh penjaga gawang Dhika Bhayangkari melalui kakinya.


Hingga babak kedua berakhir, upaya dari PERSIS untuk menyamakan kedudukan tidak berubah dan Laskar Sambernyawa menelan kekalahan dengan hasil akhir 1-0. Pasca pertandingan pamungkas di fase grup A, Jacksen memberikan komentarnya mengenai jalan pertandingan hari ini. Menurutnya pemain sudah bermain dengan maksimal namun hasil belum berpihak kepada PERSIS.


“Jelas sebuah hasil yang sangat mengecewakan, kita punya harapan hari ini dapat menutup pertandingan dengan manis di hadapan suporter. Saya rasa pemain sudah melakukannya dengan maksimal, tapi masih kelihatan seperti di sektor depan yang belum dapat memanfaatkan umpan-umpan manis dari Messidoro. Kita masih kurang tajam untuk sektor tersebut, pemain sudah bermain dengan maksimal namun inilah hasil yang harus kita dapat pada pertandingan kali ini.”


Menurut Jacksen, supporter memang merasa pantas untuk kecewa. Namun ia berjanji agar saat kompetisi Liga 1 2022/2023 bergulir nanti, pemain dan suporter tidak merasakan kekecewaan lagi seperti yang terjadi pada pertandingan kali ini, “malam hari ini seharusnya tidak menjadi malam yang membuat kita merasa kecewa dan marah. Saya sampaikan kepada pemain dan juga supporter, agar kita dapat berusaha dan tidak merasakan perasaan kekecewaan seperti hari ini pada Liga 1 nanti,” terangnya.


Bersama tim dan manajemen, Jacksen menanggapi akan melakukan evaluasi terlebih dahulu terhadap pemain yang sudah ada jika ingin ada perubahan komposisi di dalam tim. Jacksen akan memberikan waktu libur kepada para pemain sebelum memulai kembali latihan bersama secara tim.


“Untuk adanya perubahan susunan pemain, perlu ada evaluasi lebih mendalam bersama manajemen. Yang jelas untuk sekarang inilah komposisi pemain yang saya miliki saat ini, masih ada waktu bagi kita untuk berbenah. Tapi kita akan meliburkan pemain terlebih dulu selama 2 hari kepada pemain, lalu kita akan melakukan outbond agar pemain untuk mencoba membangun hubungan yang lebih dekat antara pemain. Untuk setelahnya akan kita diskusikan kembali apakah melakukan pemusatan latihan di Solo atau tempat lain,” tutupnya.


PERSIS Solo