Demi Membentuk Ekosistem Akademi yang Baik, PERSIS Selenggarakan Seleksi Terbuka | PERSIS Solo Official Website

Tim Media PERSIS

30 Mei 2022


Demi Membentuk Ekosistem Akademi yang Baik, PERSIS Selenggarakan Seleksi Terbuka

Demi Membentuk Ekosistem Akademi yang Baik, PERSIS Selenggarakan Seleksi Terbuka

Tim Media PERSIS
30 Mei 2022

Sudah menjadi tanggung jawab bagi PERSIS sebagai sebuah klub profesional untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan pemain sepak bola usia muda. Tak hanya demi membentuk pondasi klub yang kuat dan menemukan bibit-bibit unggul, PERSIS juga berharap agar menciptakan ekosistem akademi sepak bola yang baik di kemudian hari. Sebagai bentuk nyata keseriusannya, PERSIS melakukan seleksi terbuka untuk pemain muda bergabung menjadi keluarga PERSIS Women, PERSIS U-16 dan U-18.
RILIS U18-6.jpg+1653907642900
PERSIS selenggarakan seleksi terbuka untuk PERSIS Women, PERSIS U-18 dan U-16.

Sudah menjadi tanggung jawab bagi PERSIS sebagai sebuah klub profesional untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan pemain sepak bola usia muda. Tak hanya demi membentuk pondasi klub yang kuat dan menemukan bibit-bibit unggul, PERSIS juga berharap agar menciptakan ekosistem akademi sepak bola yang baik di kemudian hari. Sebagai bentuk nyata keseriusannya, PERSIS melakukan seleksi terbuka untuk pemain muda bergabung menjadi keluarga PERSIS Women, PERSIS U-16 dan U-18.


Dalam pelaksanaan kegiatan seleksi, PERSIS sama sekali tidak memungut biaya kepada peserta. Seleksi dilakukan secara tiga hari berturut-turut dari 27-29 Mei. Antusiasme yang luar biasa terlihat dari jumlah peserta yang mengikuti seleksi, PERSIS Women diikuti oleh 110 peserta, seleksi PERSIS U-18 diikuti oleh 446 peserta dan U-16 diikuti oleh 408 peserta. Setelahnya pengumuman akan dilakukan secara bertahap, PERSIS Women akan diumumkan pada Selasa (31/5), PERSIS U-18 pada hari Rabu (1/6) dan PERSIS U-16 di hari Kamis (2/6). 


Rasiman selaku Head Project PERSIS Women mengaku peserta yang mengikuti seleksi PERSIS Women melampaui ekspektasi dirinya. Antusiasme tinggi ditunjukkan oleh peserta yang hadir, terbukti dengan adanya beberapa pemain yang berasal dari luar Solo Raya juga turut hadir mengikuti seleksi, “sangat luar biasa dan melampaui ekspektasi. Target kita sebenarnya hanya 40-50 orang saja, namun beruntungnya kita memiliki total 110 peserta. Ini membuat kita berfikir apakah akan kita pertimbangkan untuk melanjutkan proses kedepannya seperti Elite Pro Academy (EPA). Kita memiliki peserta yang sudah pernah bermain di Liga 1 putri. Ada juga beberapa peserta yang bahkan hadir dari luar Solo Raya,” terangnya.


Berbicara mengenai aspek penilaian, Rasiman berfokus pada 3 aspek penting. Fokusnya dalam seleksi ini ialah pemain yang kuat secara tactical, technical dan physical. Jika ada beberapa pemain yang memang belum memenuhi ketiga aspek tersebut namun memiliki kemampuan yang baik, akan coba untuk dipertimbangkan kembali kedepannya.


“Mungkin secara kualitas masih banyak yang belum bisa memenuhi, tapi setidaknya kita berfokus pada 3 aspek tersebut. Kita juga masih melihat untuk pemain yang mungkin punya kesempatan, seperti pemain-pemain yang memiliki kecepatan namun belum mempunyai skill yang cukup. Kalau memang umurnya masih muda, akan kita pertimbangkan untuk masuk ke dalam long-term development. Memang kita sudah punya beberapa nama yang bermain di tim nasional, tapi saya rasa tingkatnya masih jauh untuk beberapa pemain yang mengikuti seleksi ini.”


Dari 110 nama yang mengikuti seleksi PERSIS Women, Rasiman sudah mengantongi setidaknya 33 nama yang berpotensi. Selanjutnya peserta yang lolos akan kembali dikerucutkan menjadi 22 nama bersama tim kepelatihan PERSIS Women. Sisa peserta yang bertahan akan dipanggil kembali ke Solo untuk mengikuti training selection, pemain-pemain tersebut akan mengikuti seleksi tambahan untuk menemukan 15 orang terpilih menjadi bagian dari PERSIS Women.


Untuk seleksi PERSIS kelompok umur U-16 dan U-18 telah dilaksanakan dengan total peserta sebanyak 854. Berbeda dengan PERSIS Women, Haryanto Prasetyo atau yang akrab disapa Tommy selaku Head Coach untuk PERSIS U-16 dan U-18 mengungkapkan ada 3 aspek dasar yang menjadi penilaian. Aspek tersebut adalah menyerang, bertahan dan transisi.


“Proses seleksi dua kelas umur ini sudah kita lakukan, banyak potensi yang bikin kita semakin semangat untuk melihat perkembangan PERSIS Solo nantinya. Aspek-aspek dasar yang menjadi penilaian bagi peserta seleksi ada 3, yakni bagaimana cara mereka menyerang, bertahan dan juga melakukan transisi di atas lapangan.”


Kebutuhan pemain akan dibagi sesuai masing-masing kelompok umur. Tommy memaparkan setidaknya mereka butuh sebanyak 30 pemain untuk masing-masing tim, “akan ada 30 pemain untuk kita pilih bergabung di masing-masing U-18 dan U-16. Prioritasnya tentu adalah pemain asli Solo Raya, namun akan menjadi pertimbangan jika pemain yang memiliki potensi berasal dari luar Solo,” lanjutnya.


Tommy berpesan untuk peserta seleksi jika belum terpilih menjadi bagian dari Laskar Sambernyawa, agar tetap menjaga semangatnya dalam berlatih sepak bola. Terutama ia berpesan agar tetap menjaga kedisiplinan sebagai hal yang paling penting untuk menjadi seorang pemain profesional.


“Tetap semangat untuk seluruh peserta yang belum bisa menjadi bagian dari kita. Jangan pernah berkecil hati, karena PERSIS masih punya proyek jangka panjang untuk pengembangan pemain muda berbakat. Tetap berlatih dengan giat di Sekolah Sepak Bola yang diikuti dan jaga kedisiplinan. Karena kedisiplinan merupakan hal yang paling penting untuk menjadi seorang pemain profesional.”

Kata Kunci Terkait
Bagikan

Berita Lainnya


Download Aplikasi PERSIS

Akses berita, konten, foto, dan informasi klub lewat satu aplikasi. Unduh aplikasi PERSIS Solo sekarang juga!

Logo

Tim

Senior

Women

Youth

Esports

Dapatkan Info Terbaru

Unduh Aplikasi

Google Play

App Store

Copyright © 2021 PERSIS Solo