Gelar Uji Coba dengan Kalteng Putra, PERSIS Menang Meyakinkan | PERSIS Solo Official Website

Gelar Uji Coba dengan Kalteng Putra, PERSIS Menang Meyakinkan

Gelar Uji Coba dengan Kalteng Putra, PERSIS Menang Meyakinkan

PERSIS melakoni laga uji coba melawan sesama klub kontestan Liga 2, Kalteng Putra. Bermain di Stadion UNS pada Sabtu (18/9), PERSIS menang telak dengan skor 4.0.

Oleh Tim Media PERSIS

19 September 2021


SOLO - Sepekan sebelum kompetisi resmi bergulir, PERSIS melakukan uji tanding melawan kontestan Liga 2 lain, Kalteng Putra. Laga antar dua tuan rumah Liga 2 tersebut berlangsung pada Sabtu (18/9) di Stadion Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. PERSIS vs Kalteng Putra menjadi ajang persiapan bagi kedua kesebelasan untuk mengarungi Liga 2 yang akan kick off pada 26 September mendatang. 


Di bawah cuaca cerah, pertandingan PERSIS vs Kalteng Putra diawali dengan saling serang, namun belum ada peluang penting yang tercipta untuk membuka keunggulan. Sepertiga babak pertama berjalan, PERSIS mencatatkan peluang pertama melalui sepakan Irfan Jauhari di dalam kotak yang menyamping menyentuh tangan kiper lawan. Sepak pojok untuk PERSIS yang dieksekusi oleh Hamdi dapat dikonversi menjadi gol lewat tandukan Fabiano Beltrame di menit 17. Skor 1-0 untuk PERSIS.


Usai gol pertama, PERSIS mulai mendominasi permainan dengan banyak menciptakan peluang yang diinisiasi dari kedua sisi sayap. Dua kali sundulan Fabiano lewat mekanisme sepak pojok yang sama masih belum tepat sasaran. Menit ke-21, Kalteng Putra balas menyerang tapi masih bisa diblok oleh lini bertahan PERSIS. Peluang emas tercipta lewat tandukan Beto di menit 24 dan hasil one two pass Delvin dan Beto yang menembus ke dalam kotak penalti lawan, namun keduanya masih bisa ditahan lini bertahan Kalteng Putra. Gol kedua akhirnya muncul di menit 34 saat Irfan Jauhari menyambar bola liar di dalam kotak dengan sepakan kerasnya. 


Babak pertama hampir berakhir, tembakan tunggal Kalteng Putra ke arah gawang PERSIS dari luar kotak penalti mampu ditangkap dengan baik oleh WTN. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.


Beranjak ke 45 menit kedua, PERSIS kian intens melancarkan serangan. Namun peluang emas justru lebih dulu didapatkan Kalteng Putra di menit 52 oleh Melki dengan sontekan di depan gawang yang dengan sigap diantisipasi oleh WTN. Tak lama berselang, gol ketiga PERSIS lahir dari kaki Beto yang berhasil merebut bola di daerah pertahanan lawan dan membuat skor berubah menjadi 3-0 berkat sepakannya.


Semenit berselang, pergantian pemain mulai dilakukan Coach Eko Purdjianto. Memasukkan Ferdinand Sinaga yang menggantikan Arapenta Poerba membuahkan hasil beberapa menit berselang. Ferdinand yang berdiri bebas di tiang dekat menyambut umpan dari tendangan sudut Kanu dengan kepalanya untuk menjadikan skor 4-0 yang bertahan hingga peluit panjang dibunyikan pengadil lapangan. Banyak peluang sempat diciptakan para pemain PERSIS, namun belum mampu menambah kedudukan. 


Manajer tim PERSIS, Erwin Widianto memberikan komentar usai laga. Ia mengapresiasi kinerja seluruh pemain yang menjalankan tugas di lapangan dengan baik sesuai instruksi pelatih dan menunjukkan hasil latihan dengan torehan memuaskan.


"Kami bersyukur hari ini tim memetik hasil memuaskan. Semua pemain bekerja keras dan komunikasi antar lini posisi berjalan dengan baik sesuai dengan instruksi pelatih dalam organisasi latihan. Secara penuh tim bermain agresif di babak pertama. Kami banyak mendapatkan peluang dan akhirnya Irfan Jauhari dapat membuat gol di menit 34."


Laga uji coba juga bertujuan untuk menjajal kemampuan tim secara keseluruhan baik yang menjadi pilihan 11 pertama, maupun pemain pelapis. Pada prinsipnya semua pemain bekerja untuk tim dan untuk satu tujuan, memenangi setiap pertandingan. 


"Di babak kedua ferdinand sinaga masuk dan membuat gol. Setelah itu kami banyak merotasi pemain dengan tujuan mengukur skuad tim serta memaksimalkan pemain pelapis. Tidak peduli siapa namanya, yang penting semua bekerja untuk tim. Karena yang dibutuhkan untuk mengarungi liga bukan hanya starting XI akan tetapi satu skuad penuh dan prinsip yang kami pegang sekarang adalah memenangi setiap pertandingan," imbuh Erwin Widianto.


Tren positif terus ditunjukkan Laskar Sambernyawa selama menjalani laga uji coba. Raihan ini menjadi modal penting sebelum menjalani Liga 2 2021 yang akan dimulai pekan depan. Meski begitu, masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu ditambal agar tim bisa memberikan performa maksimal ketika Liga 2 nanti.


"Kami senang dengan hasil ini, karena mereka juga tim Liga 2 yang akan ikut kompetisi sebagai tuan rumah. Namun, kami belum puas karena ada beberapa hal yang masih bisa dibenahi sebelum liga bergulir nanti," terang Bryan Barcelona, Media Officer PERSIS.

Kata Kunci Terkait


  • Pertandingan
  • Uji Coba
  • PERSIS
  • Kalteng Putra

Berita Lainnya


Bergabung Bersama Kami

Daftar di sini untuk mendapatkan berita terbaru, pembaruan, dan penawaran khusus yang dikirim langsung ke kotak masuk Anda

Copyright © 2021 PERSIS Solo