Tim Media PERSIS

19 Des 2022


PERSIS Bersama Melangkah Tutup Rangkaian Inkubasi Dorong Lokal dan Umumkan 3 Juara UMKM Terbaik

PERSIS Bersama Melangkah Tutup Rangkaian Inkubasi Dorong Lokal dan Umumkan 3 Juara UMKM Terbaik

Tim Media PERSIS
19 Des 2022

Pasca serangkaian kelas pelatihan, para peserta UMKM Melangkah menampilkan presentasi rencana bisnis dalam acara penutup kelas Dorong Lokal yang digelar pada Sabtu, 17 Desember 2022 bertempat di kampus UMKM Shopee Ekspor Solo. Berbagai ilmu dan wawasan yang didapat dalam kelas inkubasi, menjadi acuan bagi para pelaku UMKM untuk menunjukkan perkembangan dari bisnis dan strategi yang sedang dijalankan.
1671427639004-Article Melangkah web-min.jpg
Program Dorong Lokal bagikan ilmu dan wawasan berbisnis bagi para pelaku UMKM.

Solo, 17 Desember 2022 - Pasca serangkaian kelas pelatihan, para peserta UMKM Melangkah menampilkan presentasi rencana bisnis dalam acara penutup kelas Dorong Lokal yang digelar pada Sabtu, 17 Desember 2022 bertempat di kampus UMKM Shopee Ekspor Solo. Berbagai ilmu dan wawasan yang didapat dalam kelas inkubasi, menjadi acuan bagi para pelaku UMKM untuk menunjukkan perkembangan dari bisnis dan strategi yang sedang dijalankan.

 

Mendorong UMKM untuk bisa mengaplikasikan materi ke dalam perkembangan bisnis adalah tujuan utama dari hadirnya program Dorong Lokal bagi pelaku UMKM di Solo dan sekitarnya. Program yang diinisiasi oleh PERSIS bersama Shopee melalui Melangkah ini, merupakan perwujudan kepedulian terhadap UMKM dan semangat PERSIS untuk membalas dukungan dari masyarakat di kota Solo.

 

“PERSIS dengan kemampuan yang kami miliki, akan selalu berusaha untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat di kota Solo melalui program-program yang sudah kami jalankan, seperti program Dorong Lokal ini, maupun yang akan kami jalankan kedepannya,” ucap Bryant L. Hartanto selaku Project Manager PERSIS Solo.

 

Selama lebih dari dua bulan, 10 UMKM terpilih mengikuti kelas pelatihan terhitung dari 24 September 2022 hingga kelas terakhir pada 3 Desember 2022. Para peserta UMKM mendapatkan materi mulai dari brand positioning, marketing optimization tools, hingga keperluan administrasi dan legal seperti pajak, BPJS, dan keuangan. Dalam acara final, dipilih 4 peserta UMKM terbaik untuk dapat melakukan presentasi dengan waktu 10 menit dan langsung dinilai oleh tim juri setelah presentasi. Penilaian akan dilakukan oleh para dewan juri yaitu Michael Anggawinarta (Program Director Melangkah), Nanda Kumara (Lead Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo), dan Agra Locita (Trainer Business and Export Development Organization). Empat UMKM yang lolos tahap presentasi diantaranya CV. Kreasi Koncone Ngemil, Onde-Onde Njonja Moeda, Salable dan Warsoep. Tiga UMKM terbaik akan mendapatkan modal usaha dengan nominal total hadiah Rp. 10.000.000. Modal usaha ini diharapkan dapat membantu realisasi rencana bisnis yang telah dipresentasikan oleh para finalis.

 

Semua peserta yang lolos tahap presentasi memberikan performa terbaiknya di hadapan dewan juri. Para peserta juga membawa produknya masing-masing untuk ditampilkan selama presentasi. Setelah semua peserta melakukan presentasi, para dewan juri berunding untuk menentukan pemenangnya.

 

Tak hanya juara 1, 2, 3, tim Melangkah juga memberikan awarding nominasi kepada peserta UMKM yang dinilai “Terajin” dan “Teraktif” selama kelas Dorong Lokal. Nominasi “Terajin” jatuh kepada UMKM Warsoep yang dinilai tidak pernah absen dan hadir pertama selama kelas berjalan. Sedangkan untuk nominasi “Teraktif” jatuh kepada Cv. Kreasi Koncone Ngemil yang dinilai selalu aktif, antusias, dan responsif terhadap materi-materi yang disampaikan oleh setiap pembicara.


Di Pengujung acara, UMKM Onde-Onde Njonja Moeda keluar sebagai juara 1 dan mendapatkan modal usaha sebesar Rp. 5.000.000, UMKM Warsoep sebagai juara 2 dan mendapatkan modal usaha sebesar Rp. 3.000.000, sedangkan juara 3 diraih oleh UMKM Salable dan mendapatkan modal usaha sebesar Rp.2.000.0000. Para pemenang akan maju ke kelas yang lebih intensif dan mendalam dari pihak internal Shopee. Harapannya tiga UMKM yang terpilih dapat berkembang hingga skala internasional. Pihak internal Shopee pun akan menjadi mentor yang siap membimbing dan membina tiga UMKM terpilih untuk dapat menembus pasar Internasional. Selamat untuk para pemenang!

 

“Kami harapkan dari program pertama kita ini dapat memberikan dampak yang positif dan menjadi api semangat ke depannya bagi UMKM di Solo untuk dapat berkembang bersama dan bisa mengharumkan produk produk Indonesia di skala internasional,” ujar Michael Anggawinarta selaku Program Director Melangkah.

 

Tidak berhenti dalam program Dorong Lokal, PERSIS melalui program Melangkah juga akan terus berkomitmen mendukung dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh warga Solo dalam berbagai program. Nantinya, tidak hanya program untuk UMKM yang akan terus didorong, namun program-program sosial seperti dukungan terhadap teman-teman disabilitas sedang dalam proses persiapan melalui program bernama Cahaya Terang: Program Pendampingan dan Pelatihan untuk Disabilitas.

  

*************

 

Tentang “Melangkah”:

 

Program Melangkah adalah sebuah program pengembangan diri yang hadir untuk mendukung potensi masyarakat Kota Solo. Program yang dijalankan oleh PERSIS ini hadir dalam bentuk kelas dan pelatihan. Melangkah berkomitmen untuk memberikan kontribusi terhadap berbagai aspek potensial seperti kewirausahaan, kesehatan, dan sosial.

Kata Kunci Terkait
Bagikan

Berita Lainnya


Download Aplikasi PERSIS

Akses berita, konten, foto, dan informasi klub lewat satu aplikasi. Unduh aplikasi PERSIS Solo sekarang juga!

Logo

Tim

Senior

Women

Youth

Esports

Dapatkan Info Terbaru

Unduh Aplikasi

Google Play

App Store

Copyright © 2021 PERSIS Solo