PERSIS Ditahan Imbang PSS Sleman Pada Laga Pembuka Piala Presiden 2022 | PERSIS Solo Official Website

Tim Media PERSIS

11 Jun 2022


PERSIS Ditahan Imbang PSS Sleman Pada Laga Pembuka Piala Presiden 2022

PERSIS Ditahan Imbang PSS Sleman Pada Laga Pembuka Piala Presiden 2022

Tim Media PERSIS
11 Jun 2022

Perjalanan PERSIS dalam ajang Piala Presiden 2022 resmi dimulai pada Sabtu (11/6) sore. Menghadapi tamu PSS Sleman, laga ini sekaligus menjadi laga pembuka turnamen pra-musim tersebut. Laga yang digelar di Stadion Manahan ini dihadiri oleh penonton dengan kapasitas sebanyak 75% atau kurang lebih sekitar 15.000 penonton. Pertandingan berakhir imbang untuk kedua tim dengan skor 0-0
Article PERSIS vs PSS Website.jpg+1654955117659
Zanadin Fariz pada laga perdana Piala Presiden 2022. (Dok: Tim Media PERSIS)

Perjalanan PERSIS dalam ajang Piala Presiden 2022 resmi dimulai pada Sabtu (11/6) sore. Menghadapi tamu PSS Sleman, laga ini sekaligus menjadi laga pembuka turnamen pra-musim tersebut. Laga yang digelar di Stadion Manahan ini dihadiri oleh penonton dengan kapasitas sebanyak 75% atau kurang lebih sekitar 15.000 penonton.


Seperti laga uji coba yang sudah dilalui oleh PERSIS sebelumnya (menghadapi PERSEBAYA dan Bali United), Jacksen memainkan skuad yang hampir sama. Hanya Gianluca yang menjadi pembeda dengan sebelas pertama terakhir melawan Bali United.


Babak pertama dimulai dengan upaya serangan PERSIS di menit 5 setelah Sutanto berhasil memberikan umpan terobosan langsung menuju Samsul di kotak penalti. Namun upaya tersebut gagal dilanjutkan setelah Samsul terjebak posisi offside. 10 menit berselang pada menit 17, PSS berbalik membahayakan lini pertahanan PERSIS setelah Gianluca gagal melakukan sapuan sempurna, bola sambaran langsung dari pemain lawan masih belum menemui sasaran.


PERSIS hampir membuka skor setelah Fabiano Beltrame mengeksekusi tendangan bebas hasil pelanggaran Sutanto. Namun penjaga gawang PSS Sleman, Ridwan berhasil menyelamatkan upaya tersebut. Hingga paruh pertama berakhir, pertandingan sama kuat dengan skor kacamata 0-0.


Babak kedua dimulai dengan Jacksen memasukkan amunisi tambahan untuk menambah daya gedor PERSIS. Zanadin dan Althaf masuk menggantikan Kanu dan Gavin. Lalu Evans juga melakukan debut perdana dengan masuk menggantikan Eky.


Althaf memulai babak kedua dengan melakukan penetrasi dari sisi kanan dan melepaskan umpan menuju Bhagascara. Namun tendangan Bhagascara masih terlalu lemah dan berhasil diamankan Ridwan. 5 menit berselang, Ridwan kembali menjadi aktor gagalnya upaya skuad Laskar Sambernyawa setelah berhasil menggagalkan tendangan 1 on 1 Althaf di dalam kotak penalti.


Pemain PERSIS asing lainnya juga melakukan debut di laga hari ini setelah Artigas masuk menggantikan Kevin Gomes. Lalu penggantian terakhir PERSIS dilakukan dengan memasukkan Taufiq setelah Sutanto harus ditarik keluar karena mengalami cedera.


15 menit hingga menjelang usainya laga, PERSIS berkali-kali mendapatkan kesempatan untuk membuka rekening gol pada laga hari ini. Menit 75 Artigas hampir menjebol jala PSS Sleman setelah berhasil menerima dengan umpan sontekan Samsul, namun tendangannya berhasil diselamatkan penjaga gawang lawan. Hingga di menit 82, berawal dari solo run Zanadin dari lini tengah lalu berhasil melebarkan bola menuju Abduh. Abduh yang berhadapan dengan Marcos Sandi harus dijatuhkan di area terlarang dan wasit memberikan penalti bagi PERSIS. Fabiano sebagai algojo penalti belum bisa mencetak gol setelah tendangannya berhasil diselamatkan oleh Ridwan.


Hingga berakhirnya babak kedua, belum ada gol yang berhasil dicetak oleh kedua tim. PERSIS mendapatkan hasil satu poin setelah pertandingan perdana menghadapi PSS Sleman harus berakhir dengan skor 0-0. Jacksen memberikan komentarnya pasca laga menghadapi PSS Sleman hari ini. Permainan armada Laskar Sambernyawa menurutnya baru terlihat di babak kedua dan beberapa kesalahan di babak pertama akan dijadikan bahan evaluasi untuk menghadapi pertandingan selanjutnya.


“Dari hasil jelas bukan hasil yang kita harapkan. Babak kedua pemain mampu menunjukkan perubahan signifikan dan kita tidak memulai pertandingan pada babak pertama dengan baik. Jalannya pertandingan pada babak pertama akan menjadi bahan evaluasi bagi saya dan tim dalam beberapa hari ke depan untuk menghadapi pertandingan selanjutnya.”


Pada laga kali ini Jacksen memasukkan pemain asing anyar miliknya, Artigas dan Evans, untuk menjalani laga debut di Piala Presiden 2022. Selain itu Jacksen juga memberikan waktu bermain kembali kepada pemain dari PERSIS Youth yang turun pada pertandingan hari ini, Althaf dan Zanadin, “mereka belum memberikan 100% penampilan kemampuannya, seperti Artigas masih harus berjuang untuk menghadapi cuaca di Indonesia. Lalu Evans juga belum sepenuhnya fit. Kita harus lebih memperbanyak latihan agar kerjasama dapat terbangun lebih baik lagi. Untuk Fariz dan Althaf, biarkan mereka menunjukkan kemampuan mereka. Jangan terlalu memuji dan menyanjung karena mereka masih muda, tapi yang terpenting mereka bermain dengan luar biasa,” lanjutnya.


Terakhir untuk menanggapi kondisi pemain yang bertanding hari ini, Jacksen belum mendapatkan kabar untuk Sutanto Tan yang harus ditarik keluar karena cedera. Jacksen akan menunggu kabarnya terlebih dahulu dan melakukan rotasi pemain untuk laga selanjutnya, “mungkin kita masih harus menunggu 1x24 jam untuk menunggu kabar pemain yang cedera (Sutanto Tan). Tentunya akan ada sedikit perubahan untuk menghadapi pertandingan-pertandingan selanjutnya. Kedua pemain asing kita tentunya juga siap untuk bermain dengan kekuatan lebih, lalu ada Irfan Jauhari juga yang siap untuk bermain. Sudah pasti kita akan evaluasi dan tidak melakukan kesalahan yang sama pada pertandingan hari ini,” tutupnya.


Starting XI:


Gianluca; Fabiano, Ibo, Eky (Evans 45’), Abduh; Kanu (Fariz 45’), Sutanto (Taufiq 70’), Bhagascara; Kevin (Artigas 59’), Gavin (Althaf 45’), Samsul

Kata Kunci Terkait
Bagikan

Berita Lainnya


Download Aplikasi PERSIS

Akses berita, konten, foto, dan informasi klub lewat satu aplikasi. Unduh aplikasi PERSIS Solo sekarang juga!

Logo

Tim

Senior

Women

Youth

Esports

Dapatkan Info Terbaru

Unduh Aplikasi

Google Play

App Store

Copyright © 2021 PERSIS Solo