PERSIS Youth Academy : Langkah PERSIS Bentuk Sistem Pembinaan Usia Muda untuk Masa Depan Klub dan Sepak Bola Indonesia | PERSIS Solo Official Website

PERSIS Youth Academy : Langkah PERSIS Bentuk Sistem Pembinaan Usia Muda untuk Masa Depan Klub dan Sepak Bola Indonesia

PERSIS Youth Academy : Langkah PERSIS Bentuk Sistem Pembinaan Usia Muda untuk Masa Depan Klub dan Sepak Bola Indonesia

PERSIS membentuk tim muda PERSIS Youth U-20 sebagai langkah untuk menciptakan sistem regenerasi pemain bagi klub dan sepak bola nasional. Inisiatif ini muncul dengan tujuan untuk memberikan pembinaan bagi pemain muda yang direkrut sehingga mampu menciptakan pemain berkualitas yang dapat berkontribusi di level klub maupun sepak bola Indonesia di masa depan.

Oleh Tim Media PERSIS

14 September 2021


SOLO - Laskar Sambernyawa membentuk skuad muda PERSIS Youth U-20 sebagai langkah untuk menciptakan sistem regenerasi pemain bagi klub dan sepak bola nasional. Inisiatif ini muncul dengan tujuan untuk memberikan pembinaan bagi pemain muda yang direkrut sehingga mampu menciptakan pemain berkualitas yang dapat berkontribusi di level klub maupun sepak bola Indonesia di masa depan. 


Manajer tim PERSIS, Erwin Widianto mengungkapkan progres pembentukan tim PERSIS Youth. Saat ini klub sudah hampir selesai menyiapkan berbagai kebutuhan pemain untuk segera melakukan latihan bersama. 


"Sampai saat ini kami masih fokus menyiapkan tim kepelatihan, mess untuk tempat tinggal serta lapangan untuk tempat latihan. Semua sudah berjalan 80% dan targetnya kami bisa memanggil seluruh pemain PERSIS Youth untuk mulai latihan bulan depan. Untuk saat ini sudah ada beberapa pemain yang datang dan ikut berlatih bersama tim senior serta beberapa masih ada yang mengikuti TC Timnas U-18 di Jakarta."


Berbicara mengenai target, kedepannya para pemain muda binaan akademi Laskar Sambernyawa bisa mendapat banyak pengalaman bermain di level nasional dan internasional.


"Target yang ingin dicapai oleh klub tentunya dapat menyalurkan bakat-bakat muda PERSIS Youth ke klub terbaik di berbagai belahan dunia agar mereka mempunyai pengalaman bermain serta mental yang teruji di kancah sepak bola Internasional, serta dapat mengharumkan nama bangsa dan negara lewat sepak bola,"tambah Erwin Widianto.


Sementara itu, pelatih kepala PERSIS, Eko Purdjianto mengatakan bahwa realisasi ide pembentukan tim muda ini merupakan hal ideal untuk sebuah tim, terlebih PERSIS mempunyai tujuan menuju kasta tertinggi yang mana keberadaan akademi menjadi salah satu regulasi yang harus dipenuhi oleh klub peserta. 


“Untuk pembentukan tim youth, ini sangat bagus dan ideal untuk tim. Kita tahu tim Liga 1 punya regulasi harus punya tim youth untuk berkompetisi dan sekarang ini ada Elite Pro Academy (EPA). Nah, kita sudah lebih dulu walaupun di Liga 2 sudah punya tim muda itu luar biasa dan nanti muaranya mereka ke tim senior PERSIS. Saya sangat mengapresiasi ide pembentukan PERSIS Youth ini”


Total terdapat 28 pemain yang telah bergabung untuk memperkuat tim PERSIS Youth. Keseluruhan pemain tersebut berasal dari talenta murni Nusantara yang memiliki latar belakang dari berbagai daerah, mulai dari ujung Aceh hingga Papua. 


Para pemain yang mengisi PERSIS Youth saat ini direkrut berdasarkan prestasi dan riwayat mereka kala bermain di beberapa kompetisi yang pernah diikuti. Para penggawa PERSIS Youth yang direkrut tercatat memiliki riwayat yang cukup menjanjikan. Terhitung mulai dari Liga Top Skor, Gothia Cup, Garuda Select, sampai Vamos Indonesia merupakan beberapa ajang yang pernah mereka ikuti sebelumnya. Beberapa pemain juga direkrut dari Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan.


Secara jangka panjang, PERSIS Youth diproyeksikan sebagai wadah klub atau akademi untuk mencari bakat-bakat muda yang dimiliki pemain lokal sehingga dapat terus dikembangkan hingga menjadi pesepakbola profesional. Sejalan dengan visi klub untuk mengembangkan para talenta muda, Coach Eko turut mengapresiasi beberapa pemain dari PERSIS Youth yang mendapat kesempatan mengikuti pemusatan latihan untuk persiapan Piala Dunia U-20 mendatang. 


“Manajemen sudah punya planning (rencana) ke depan, salah satunya pembentukan tim youth ini untuk PERSIS dan Timnas Indonesia. Beberapa pemain muda kita juga sedang mengikuti seleksi bersama Coach Shin Tae-Yong. Ini sangat bagus untuk pemain sendiri, klub, dan tim nasional.”


Tak lupa, Coach Eko menyampaikan pesan kepada para pemain muda yang sedang meniti karir sebagai seorang profesional agar tak cepat berpuas diri dan terus meningkatkan kemampuannya untuk menjadi yang terbaik.


“Saya pesan ke pemain-pemain muda agar tak cepat berpuas diri. Tetap tempa terus, berbenah diri, dan jadi yang terbaik untuk PERSIS Solo dan Timnas Indonesia.”


Selain komitmen untuk membawa tim utama PERSIS naik ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia, langkah pembentukan PERSIS Youth ini menjadi pijakan awal demi mengembangkan serta memajukan skena sepak bola di Solo dan sekitarnya, serta memberikan yang terbaik bagi sepak bola Indonesia.

Kata Kunci Terkait


  • Tim
  • PERSIS Youth U-20
  • Akademi

Berita Lainnya


Bergabung Bersama Kami

Daftar di sini untuk mendapatkan berita terbaru, pembaruan, dan penawaran khusus yang dikirim langsung ke kotak masuk Anda

Copyright © 2021 PERSIS Solo