Selaraskan Model Pembinaan Sepak Bola di Solo Raya, PERSIS Bentuk Program “Sinergi Akademi Sambernyawa” | PERSIS Solo Official Website

Selaraskan Model Pembinaan Sepak Bola di Solo Raya, PERSIS Bentuk Program “Sinergi Akademi Sambernyawa”

Selaraskan Model Pembinaan Sepak Bola di Solo Raya, PERSIS Bentuk Program “Sinergi Akademi Sambernyawa”

PERSIS membentuk program "Sinergi Akademi Sambernyawa" sebagai langkah kepedulian klub terhadap model pembinaan dan ekosistem sepak bola di Solo Raya. Serangkaian kegiatan awal program ini telah dijalankan sejak akhir Februari lalu oleh tim kepelatihan PERSIS Youth. Beberapa akademi atau Sekolah Sepak Bola (SSB) di Solo Raya telah dikunjungi untuk memantau dan menjalin komunikasi awal.

Oleh Tim Media PERSIS

6 Mar 2022


SSB TNH saat latihan.jpeg+1646566166222
SSB TNH saat latihan. (Dokumentasi : Tim Media PERSIS)
SSB TNH saat latihan.jpeg+1646566166222SSB TNH saat latihan. (Dokumentasi : Tim Media PERSIS)

SOLO - PERSIS sebagai klub profesional memiliki tanggung jawab dalam pengembangan pesepakbola usia muda untuk membentuk fondasi klub yang kuat serta menciptakan ekosistem akademi sepak bola yang baik dan berkelanjutan. Untuk itu, PERSIS menjalankan program “Sinergi Akademi Sambernyawa” sebagai bentuk kepedulian klub terhadap model pembinaan usia muda yang ada di wilayah Solo Raya. 


Sinergi Akademi Sambernyawa adalah inisiatif klub untuk menyelaraskan model pembinaan yang dirancang oleh PERSIS dengan program pembinaan yang telah berjalan di ekosistem sepak bola Solo Raya. Berangkat dari hal tersebut, harapannya sinergitas ini dapat menciptakan model pembelajaran sepak bola yang lebih disiplin dan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan oleh federasi.


Serangkaian kegiatan awal program ini telah dijalankan sejak akhir Februari lalu oleh tim kepelatihan PERSIS Youth. Beberapa akademi atau Sekolah Sepak Bola (SSB) di Solo Raya telah dikunjungi untuk memantau dan menjalin komunikasi awal. 


Direktur Teknik PERSIS, Misha Radovic mengapresiasi inisiatif klub dalam merancang dan menjalankan program Sinergi Akademi Sambernyawa. Ia merasa senang dapat berkunjung dan melihat banyak bibit-bibit muda potensial yang tersebar di banyak akademi wilayah Solo Raya.


“Kita di sini bersama staf kepelatihan PERSIS merasa sangat senang dan mendukung inisiatif dari PERSIS. Kita melakukan kunjungan ke banyak akademi di berbagai jenjang dan kita sangat senang menjadi bagian dari program ini. Untuk sekarang kita baru melihat bagaimana level kemampuan dari para pemain dan saling memperkenalkan diri satu sama lain. Ini sangat spesial,” ujarnya dengan bersemangat saat mengunjungi akademi AT Farmasi.


Lebih lanjut, Pelatih Kepala PERSIS Youth, Rasiman memberikan keterangan tentang agenda kunjungan ke beberapa SSB yang telah dilakukan oleh tim pelatih PERSIS Youth. 


“Hari ini kita datang ke AT Farmasi FC, menjadi salah satu bagian dari programnya PERSIS. Kita datang dan melihat untuk melakukan data collection sehingga ke depannya kita akan membuat program yang utuh buat supporting academy yang ada di PERSIS. Bukan hanya AT Farmasi, tapi kita juga akan melihat beberapa akademi lain ke depan.”


Usai mengunjungi beberapa SSB dan melakukan pengamatan, Coach Rasiman memberikan pandangannya tentang bibit-bibit muda pesepakbola yang ada di Solo Raya, “Secara demografi saya melihat banyak pemain muda Solo yang tadinya keluar dari Solo, karena dulu tidak ada PERSIS di Liga 1. Harapan saya, tahun ini kita bisa menampung mereka terutama yang U16 dan U18 untuk EPA. Saya yakin pemain di Solo ini memiliki potensi yang luar biasa.”


Keberadaan akademi dengan program pembinaan yang berjenjang dan berkelanjutan sangat penting bagi sebuah klub sepak bola profesional. Dengan perencanaan yang matang, akademi dapat menjadi fondasi kuat yang menopang klub sehingga menghasilkan iklim sepak bola profesional dan berintegritas.


“Ke depannya dengan youth development yang bagus saya kira by process anak-anak akan berproses dari grassroot ke U16, U18, U20 sehingga selanjutnya bisa promosi ke tim senior. Tapi memang membutuhkan effort yang luar biasa dengan jangka waktu yang lama. Karena di Youth Development kita tidak bisa hanya lima bulan, tapi minimal lima tahun ke depan,” imbuh pelatih asal Banjarnegara tersebut. 


Program ini diproyeksikan akan berjalan dengan kegiatan yang berkesinambungan mulai Maret sampai Desember 2022 mendatang. Beberapa tahapan program yang akan dijalankan yakni kunjungan ke SSB di Solo Raya, pembuatan program latihan, serta penyelenggaraan workshop dan festival untuk jajaran pelatih dan pemain akademi. Di luar itu, akan dilakukan monitoring pada setiap pekannya dan pemantauan bakat unggul selama keberjalanan program. 


Seluruh akademi sepak bola atau SSB di wilayah Solo Raya yang memenuhi syarat dapat bergabung dalam program Sinergi Akademi Sambernyawa. Adapun syarat dan ketentuan serta regulasi program Sinergi Akademi Sambernyawa sebagai berikut :


Syarat dan Ketentuan

  1. SSB yang berminat wajib melakukan registrasi di Google Form yang disediakan PERSIS Solo.
  2. Registrasi dibuka mulai tanggal 7 s/d 20 Maret 2022. 
  3. SSB harus berasal dari daerah Solo Raya. 
  4. Mempunyai Kantor Sekretariat. 
  5. Memiliki struktur organisasi klub SSB. 
  6. Memiliki program kerja. 
  7. Terdaftar di Askot/Askab dan/atau di Asprov Jawa Tengah. 
  8. Memiliki Manajemen Kepengurusan yang baik. 
  9. Fasilitas latihan tersedia. 
  10. Sudah berjalan minimal 3 tahun. 
  11. Minimal punya dua kategori usia pembinaan. 
  12. Latihan terjadwal. 
  13. Jumlah pemain tidak melebihi 23 pemain dalam sebuah latihan. 
  14. Rasio pemain : pelatih yakni sebesar 20 : 1.
  15. Pelatih minimal memiliki lisensi D. 
  16. Mempunyai minimal dua orang staf pelatih. 


Peraturan dan Regulasi 

  1. PERSIS Solo berhak melakukan Verifikasi dan Evaluasi Data Administrasi SSB yang melakukan registrasi.                        
  2. PERSIS Solo berhak melakukan kunjungan ke SSB yang telah lolos Verifikasi Data Administrasi.                                          
  3. PERSIS Solo akan memberikan Program terkait Pembinaan Usia Dini yang wajib dijalankan SSB yang telah lolos verifikasi.
  4. Evaluasi & monitoring untuk SSB menjalankan program dari PERSIS Solo setiap 3 Bulan sekali.  
  5. Pihak SSB wajib mengikuti Football Festival yang akan diadakan PERSIS Solo tiap 3 bulan sekali dalam rangkaian program Sinergi Akademi Sambernyawa untuk melihat perkembangan individu pemain serta tim.                                                   
  6. Minimal Siswa SSB memiliki peserta didik 15 orang untuk per kategori umur, jika kurang diberi waktu 3 bulan untuk melengkapi.
  7. Bola yang digunakan untuk latihan minimal ukuran 4 untuk usia di bawah 10 tahun dan ukuran 5 untuk usia di atas 13 tahun.   
  8. Pelatih dan tim ofisial harus terdaftar di SSB tersebut dan apabila ada penambahan harap melaporkan ke PERSIS Solo.   
  9. Pendataan jika ada peserta didik baru harus didaftarkan ke aplikasi yang telah disiapkan oleh PERSIS Solo.



Klik link berikut untuk mendaftar Program Sinergi Akademi Sambernyawa

https://bit.ly/SinergiAkademiSambernyawa

Kata Kunci Terkait


  • Tim
  • Sinergi Akademi Sambernyawa
  • PERSIS Youth
  • Akademi
  • SSB

Berita Lainnya


Bergabung Bersama Kami

Daftar di sini untuk mendapatkan berita terbaru, pembaruan, dan penawaran khusus yang dikirim langsung ke kotak masuk Anda

Free fire
Id Express


Kontak

·

Karir

·

Copyright © 2022 PERSIS Solo